Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaBERITA DUNIA5 Fakta AlbumAbbey Road The Beatles

5 Fakta AlbumAbbey Road The Beatles

nilah 5 fakta Abbey Road, album semi final dari The Beatles. Bagi kamu yang pecinta musik terlebih, fans grup Rock legendaris, The Beatles, pastinya tahu dengan Abbey Road. Yap, Abbey Road adalah album ke-11 yang juga sekaligus album semi final dari grup John Lennon cs.

Rilis pada tanggal 26 September 1969, sekitar 2 hari lalu, album ini merayakan ulang tahun perilisannya yang ke 52 tahun. Nah, untuk merayakan ulang tahunnya ini, yuk langsung saja simak 5 fakta Abbey Road nya berikut ini.

1. Inspirasi Judul

Fakta Abbey Road album semi final The Beatles yang pertama, adalah terkait inspirasi dari judul albumnya ini. Dan tentunya judul album ini terinspirasi dari jalan di salah satu wilayah di London, Inggris.

Sebenarnya di awal, melansir The Vintage News, album ini akan berjudul Everest. Bukan, bukan terinspirasi dari nama pegunungan terkenal itu. Melainkan, namanya terinspirasi dari merek rokok yang biasa dikonsumsi oleh engineer albumnya, Geoff Emerick.

Namun pada akhirnya, vokalis sekaligus basis, Sir Paul McCartney, menyarankan untuk menamakannya sesuai dengan lokasi studio musik / rekaman EMI berada.

2. Cover Ikonik

Fakta Abbey Road album semi final The Beatles selanjutnya, adalah cover-nya yang super ikonik itu. Ya cover-nya memperlihatkan John Lennon cs berjalan diatas zebra-cross lokasi studio musik EMI Abbey Road.

Foto cover-nya ini diambil oleh fotografer bernama, Iain Macmillan, yang merupakan teman deket John Lennon dan istrinya kala itu, Yoko Ono. MacMillan menjepret fotonya sebanyak 6 kali. Dan Paul, lalu memilih foto ke-5 sebagai cover-nya.

Selain karena tampilan dan konsepnya, hal lain yang membuat cover Abbey Road ikonik adalah cerita mistis dibalik cover-nya. Mungkin beberapa dari kamu sudah mengetahui.

Tapi bagi yang belum, legenda (well, lebih ke Cockologi yang jujur bagi gue, OMONG KOSONG!), jadi setiap posisi berdiri masing-masing personil dalam cover-nya, memberikan pertanda bagaimana nantinya si personilnya meninggal atau mengalami bencana.

BACA JUGA : 5 Film Anime Makoto Shinkai yang Bikin Baper!

Apabila ingin lebih lengkapnya, nanti akan gue bahas di satu artikel khususnya oke? Tapi yang jelas, semuanya ini hanya teori mistis yang tidak berdasar sama sekali.

3. Rilisan Album Diambang Perpecahan

Ya kalau mau mengatakan secara resminya, sebenarnya inilah album terakhir dari The Beatles. Namun karena masih banyak materi lagu dari sesi The White Album (1968) dan album ini yang gak masuk ke albumnya, maka pada tahun 1970 dirilislah album Let It Be.

Namun kalau kamu nanya ke Beatles-nya ya inilah album terakhir Lennon cs. Pasalnya ketika rekaman Abbey Road, semua personil Beatles sudah jalan sendiri-sendiri. Bahkan sering kali terjadi sesi dimana (contohnya), Lennon rekaman di booth A, sedangkan McCartney di booth B.

Tapi kerennya, walau rekaman terpisah, hasil akhirnya terdengar sangat padu padan dan melegenda banget. Setelah selesai rekaman, keempatnya pun berjalan sendiri-sendiri.

4. Rekaman ‘Oh Darling’ Dilakukan Selama Seminggu

Selain ‘Come Together’, lagu yang paling dikenal banyak orang dari album ini adalah nomor bluesy, ‘Oh Darling!’ yang dinyanyikan oleh Paul.

Nomor ini adalah nomor yang memiliki sound dan lirik yang sangat romantis. Menyanyikannya pun gak bisa sembarangan. Tetap bluesy, mentah / kasar, tapi feel-nya masih dapat banget. Jadi, gak heran jika gak semua bisa nyanyiin lagu ini se-sempurna Paul.

Dan ternyata, Paul sendiri juga berjuang 45 ketika melakukan rekaman lagu ini. Spesifiknya rekaman (take‘Oh Darling!” dilakukan selama 1 minggu. Ya, 1 MINGGU!

Mulai dari tanggal 17-23 Juli 1969. Paul selama sesi rekaman Abbey Road selalu datang 30 menit lebih awal sebelum sesi latihan. Hal ini, agar ia bisa merekam suara teriakan pembuka dan semua teriakan dalam lagunya dengan pas.

Atau sesuai pernyataannya, ia ingin teriakan “OH DARLING” terdengar serak banget seperti telah menyanyikan lagu ini di atas panggung selama 1 minggu penuh. Dan yap, ia sangat sukses dalam melakukannya.

BACA JUGA : 5 Anime Romance Comedy Terbaik di 2019, Ada Actionnya!

5. Album Tersukses The Beatles di Amerika Serikat

Fakta Abbey Road album semi final The Beatles yang gak boleh ketinggalan, adalah album ini merupakan album tersukses The Beatles di Amerika Serikat. Album ini, terlapor bahwa pada bulan Juni 1970, Abbey Road terjual sebanyak 5 juta kopi di Amerika Serikat. Pada tahun 1992, naik menjadi 9 juta kopi.

Lalu pada akhir dekade 1970an, Abbey Road sukses terjual sebanyak 7.177.790 kopi di AS saja (alias gak termasuk di kampung halaman mereka, Inggris). Dan pada tahun 2011, album ini sukses terjual lebih dari 31 juta kopi di seluruh dunia.

Dengan prestasi tersebut, sekali lagi, membuat Abbey Road, sebagai album tersukses dalam hampir 1 dekade karir kelompok berjulukan The Fab Four ini. Itulah tadi 5 faktas Abbey Road nya. Apakah kamu salah satu fans album ini? Lagu manakah yang kalian favoritkan?

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments