Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaBERITA DUNIA6 Negara Paling Kaya di Asia

6 Negara Paling Kaya di Asia

6 negara paling kaya di Asia. Ada yang punya kilang minyak sampai lokasi perjudian. Produk domestik bruto (PDB) per kapita gross domestic product (GDP) merupakan besaran pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara. PDB per kapita biasa mereka gunakan untuk mengukur tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Ada beberapa cara untuk menganalisis kekayaan dan kemakmuran suatu negara. Cara yang sering digunakan secara umum adalah PDB per kapita.
  
Negara Paling Kaya di Asia

Dilansir oleh BERITAOKE.com inilah 6 negara paling kaya di Asia berdasarkan PDB per kapita.

1. Singapura

6 Negara Paling Kaya di Asia

Dikutip dari World Population Review, Singapura merupakan negara terkaya di Asia menurut Dana Moneter Internasional (IMF). Negeri ‘Singa’ ini memiliki PDB per kapita sebesar $107.690.

Singapura bahkan merupakan salah satu tempat paling ramah bisnis di dunia. Skenario investasi yang sangat kondusif di Singapura menarik banyak investor global.

2. Qatar   

6 Negara Paling Kaya di Asia

Negara terkaya di Asia selanjutnya adalah Qatar dengan PDB per kapita sebesar $100.040.   Sumber kekayaan negara ini mereka dapat dari cadangan minyak, gas, dan petrokimia yang sangat besar, berbanding terbalik dengan jumlah rakyatnya yang hanya 2,8 juta jiwa.   Sehingga, pembangunan arsitektur ultramodern untuk gedung hingga mal sangat masif sehingga membuat Qatar masuk dalam daftar negara terkaya di dunia selama 20 tahun.

3. Uni Emirat Arab  

6 Negara Paling Kaya di Asia

Sebelum cadangan minyak mereka temukan pada 1950-an, negara ini mengandalkan sektor pertanian, perikanan, dan mutiara sebagai sumber ekonomi negara.   

Saat ini, Uni Emirat Arab merupakan negara terkaya nomor tiga di Asia dan ketujuh di dunia, dengan PDB per kapita sekitar $74,240.   

Ekonomi Uni Emirat Arab juga semakin terdiversifikasi. Di luar sektor hidrokarbon yang secara tradisional dominan, terdapat sektor lain seperti perdagangan dan keuangan, serta konstruksi dan pariwisata, yang memang merupakan industri utama.

4. Macau   

6 Negara Paling Kaya di Asia

Negara ini bahkan termasuk negara yang merupakan wilayah administrasi khusus dari China. Macau memiliki nama resmi Macao Special Administrative Region (SAR) of the Peoples Republic of China.   

Negara yang melegalkan judi ini menempati urutan keempat sebagai negara terkaya yang berada di Asia dengan PDB per kapita sebesar $67,470. mendapat julukan sebagai Las Vegas Asia, perekonomian Negara ini sebagian besar ditopang oleh pariwisata terkait perjudian serta ekspor pakaian jadi.

5. Brunei Darussalam   

6 Negara Paling Kaya di Asia
Brunei Darussalam Bandar Seri Begawan March 15, 2018 Sultan Omar Ali Saifuddien Mosque One of Brunei’s most important mosques at night

Brunei Darussalam bahkan memiliki PDB per kapita sebesar $65.670. Sumber kekayaan negara ini adalah dari cadangan minyak dan gas alam yang sangat melimpah. Bahkan kekayaan Sultan Brunei mendapat sekitar $28 miliar atau 50 kali lipat dari kekayaan Ratu Elizabeth dari Inggris.

6. Hong Kong   

6 Negara Paling Kaya di Asia

Wilayah China lainnya yang masuk daftar negara terkaya di Asia adalah Hong Kong yang memiliki PDB per kapita $65.400. Hong Kong merupakan pusat keuangan paling terkemuka di Asia dan memegang predikat sebagai tempat terbaik untuk mengakses pasar China yang sangat besar.   Itulah daftar 6 negara paling kaya di Asia. Semoga Indonesia bisa menyusul jejak negara-negara tersebut.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments