Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaBERITA DUNIA7 Gunung Tertinggi di Indonesia dengan Pemandangan yang Indah

7 Gunung Tertinggi di Indonesia dengan Pemandangan yang Indah

BERITAOKE.COM- Indonesia terkenal sebagai negara kaya akan pemandangan alam salah satunya adalah pemandangan gunung yang tersebar dari Sumatera hingga Papua. Puncak Jaya yang terletak di Papua menjadi gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl.

Belakangan keindahan dan keunikan fenomena alam gunung di Indonesia menjadi pemikat bagi banyak pendaki lokal maupun internasional untuk menjelajahinya. Jika dalam waktu dekat ini kamu hendak melakukan pendakian ke salah satu gunung tertinggi di Indonesia, Jangan lupa untuk terlebih dahulu mencari tahu kondisi alam di gunung tersebut.

Berikut 7 Gunung Tertinggi di Indonesia

1. Gunung Puncak Jaya

Gunung tertinggi di Indonesia yang pertama adalah Gunung Puncak Jaya yang di Provinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya memiliki ketinggian sekitar 4.884 meter dan disekitarnya terdapat gletser tropika. Puncak Jaya adalah salah satu dari puncak tertinggi dunia.

Sebagian besar gunung-gunung tertinggi ini memiliki gletser atau bongkahan es yang menyelimutinya begitu pun di Puncak Jaya, namun dari tahun ke tahun bongkahan es ini mencair karena pemanasan global yang terjadi di dunia.

2. Gunung Kerinci

Gunung tertinggi di Indonesia berikutnya adalah Gd.Krinci yang berlokasi di Jambi Sumatra Barat ini memiliki ketinggian 3.805 mdpl.

Ketika mendaki Kerinci, kamu akan di suguhkan dengan pemandangan kota Jambi, Padang, dan Bengkulu yang indah dan menakjubkan. Hingga saat ini, gunung ini masih menjadi salah satu gunung terfavorit untuk dijelajahi. Namun kamu juga harus siap dengan jalurnya karena cukup berat.

3. Puncak Trikora


Pada zaman pemerintahan Belanda, gunung ini diberi nama Wilhelminatop. Namun sekarang kita mengenalnya dengan Puncak Trikora atau yang juga di sebut Ettiakup.

Lokasinya berada di Papua sebelah barat dengan ketinggian 4.751 mdpl. Selain itu, di kawasan puncak ini juga terdapat Hutan Dipterokarp, Hutan Ericaceous, dan Hutan Montane.

4. Puncak Mandala


Masih di bumi Papua, masih ada gunung tertinggi di Indonesia lain yakni puncak Mandala. Gunung ini memiliki ketinggian 4.760 mdpl yang puncaknya membentuk bagian Pegunungan Bintang dekat perbatasan Papua Nugini. Cuaca di gunung ini juga terbilang sangat dingin, bahkan sebagian puncaknya diselimuti oleh salju.

5. Puncak Soekarno


Sementara itu, selain Carstensz Pyramid dengan Puncak Jayanya, kawasan Papua juga memiliki tiga puncak lain di Taman Nasional Lorenzt, yakni Puncak Soekarno dengan 4.862 mdpl, Cartenzs Timur dengan 4840 mdpl, dan ketiga Puncak Soemantri dengan 4808 mdpl. Namun, untuk menjelajah kawasan ini juga tidak mudah, setidaknya kamu harus menghadapi hujan salju maupun es saat pendakian.

6. Gunung Dempo


Gd.Dempo merupakan salah satu gunung berapi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.173 meter. Gunung ini terletak di perbatasan Sumatera Selatan dan Bengkulu, atau lebih tepatnya di Pagaralam.

Untuk mencapai lokasi Gd.Dempo, kamu bisa melalui perjalanan darat dari Palembang sejauh lebih kurang 7 jam. Jika di lihat dari bentuknya, gunung ini tergolong stratovulkan. Letusan terakhir terjadi pada tahun 2009 silam.

7. Gunung Semeru


Gunung semeru merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di Jawa Timur. Gd.Semeru menjadi gunung berapi tertinggi ketiga setelah Gd.Kerinci di Sumatera dan Gd.Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Dengan demikian, Gd.Semeru menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan puncaknya Mahameru 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments