Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaBERITA DUNIA8 Gletser Alaska yang Mempesona di Ujung Amerika

8 Gletser Alaska yang Mempesona di Ujung Amerika

Alaska adalah wilayah yang menawarkan destinasi wisata menarik yang bisa dibilang cukup langka. Salah satunya adalah gletser. Gletser adalah sebuah bongkahan atau endapan es yang besar dan tebal yang terbentuk di atas permukaan tanah yang merupakan akibat akumulasi endapan salju atau es yang mengeras dan membatu selama kurun waktu tertentu yang sangat lama hingga dijuluki sebagai es abadi.

Saat ini, es abadi menutupi sekitar 10% daratan yang ada di bumi. Menyaksikan indahnya gletser di Alaska dapat penilaian sebagai kegiatan wisata impian bagi banyak turis. Namun seiring pemanasan global yang kian menjadi, kecantikan es abadi di sana tampaknya mulai mengikis. Sebelum terkikis dan mencair, Anda sebaiknya menyusun rencana perjalanan wisata untuk menyaksikan langsung keindahan gletser Alaska yang ajaib.

Daftar Gletser Terbaik di Alaska
Memimpikan untuk mengunjungi es abadi Alaska yang indah dan mudah diakses? Anda tidak perlu bingung dengan tujuan gletser Alaska mana saja yang wajib didatangi. Ini dia daftar rekomendasinya:

1. Matanuska Glacier

8 Gletser Alaska yang Mempesona di Ujung Amerika

Gletser Matanuska adalah salah satu gletser Alaska yang paling mudah untuk mengaksesnya. Matanuska adalah sungai es stabil sepanjang 27 mil yang mengalir dari Pegunungan Chugach hampir sampai ke Jalan Raya Glenn. Dengan ujung selebar 4 mil yang terlihat dari salah satu jalan raya utama Alaska, Gletser Matanuska adalah daya tarik pinggir jalan paling populer antara Anchorage dan Glennallen, dan pengunjung berduyun-duyun ke daerah tersebut di musim panas untuk menikmati pemandangan brilian gletser dan perjalanan epik.

Melansir laman Travel Alaska, sebagian besar pengunjung mendekati es di Glacier Park, area akses pribadi di Mile 102 dari Glenn Highway. Sebuah jalan pribadi mengarah ke tempat parkir di terminal moraine tempat Anda dapat memulai perjalanan berpemandu di gletser. Perusahaan tur menawarkan perjalanan gletser berpemandu yang menjelajahi sungai es yang sangat besar ini. Pemandu ahli akan mempersiapkan Anda dengan helm, crampon, dan tongkat lalu membawa Anda dengan aman melintasi gletser untuk menjelajahi labirin es biru yang menakjubkan. Tur tersedia sepanjang tahun dan berlangsung selama 1–2 jam.

2. Medenhall Glacier

8 Gletser Alaska yang Mempesona di Ujung Amerika

Gletser Alaska yang indah dan mudah untuk mengakses berikutnya adalah Medenhall Glacier. Mendenhall, salah satu gletser terindah di Amerika Utara, hanya berjarak 13 mil dari pusat kota Juneau dan beberapa menit dari bandara. Ini adalah tujuan yang harus kita lihat untuk liburan Alaska Anda. Anda tidak akan percaya es dengan lebar setengah mil, dan ketebalan sedalam 1.800 kaki (548 meter), tidak heran ini adalah tujuan paling populer di Juneau. Apakah Anda berada di Alaska selama sehari atau seminggu, ada banyak cara untuk menikmati gletser Medenhall.

Jika jadwal Anda padat, perjalanan ke Mendenhall Glacier Visitor Center memberikan informasi menarik serta pemandangan luar biasa dari keajaiban dunia es ini. Saat berada di sana, pastikan untuk menonton film singkat tentang bagaimana Mendenhall menjadi bagian dari Juneau Icefield seluas 1.500 mil persegi. Lakukan perjalanan singkat menyusuri Photo Point Trail ke anjungan pengamatan untuk melihat permukaan gletser tanpa halangan dan kesempatan berfoto yang sempurna. Anda bisa melakukan ini semua dalam waktu sekitar 90 menit. Selain itu, Anda dapat melakukan hiking atau menyusuri perairan dengan kayak. Waktu terbaik untuk mengunjungi Medenhall Glacier adalah Mei hingga Oktober.

3. Castner Glacier

8 Gletser Alaska yang Mempesona di Ujung Amerika

Gletser Castner adalah gletser paling mudah yang bisa dijangkau dari Fairbanks, dan selama beberapa tahun terakhir ini menjadi tempat termudah untuk menemukan gua es yang dangat mengagumkan. Namun, ini bukan gletser biru stereotip Anda yang dikelilingi danau besar atau lautan, melainkan gletser lembah berpasir yang tertutup batu, lumpur, dan di musim dingin akan tertutup salju.

Pendakian ke Castner Glacier kira-kira berjarak 2,2 mil pulang pergi dan mencakup pemandangan pegunungan yang menakjubkan. Hati-hati saat mendekati gua es! Anda hanya boleh masuk ke dalam jika Anda bersama pendaki gunung berpengalaman atau staf wilayah ini karena bisa sangat berbahaya. Namun, gletser ini cocok bagi Anda yang sangat suka tantangan mendaki ke gua es pertama di Castner Glacier dan mendaki ke air terjun beku Onemile Creek bagi yang ingin melihat keduanya.

4. Worthington Glacier

8 Gletser Alaska yang Mempesona di Ujung Amerika

Gletser Worthington berada sekitar 29 mil di dekat Valdez. Jika Anda melalui Valdez, Alaska, perhatikan tanda menuju Gletser Worthington, berhentilah di tempat parkir dan berjalan mendekat ke titik pengamatan gletser yang indah ini. Bahkan menyediakan juga jalur untuk kursi roda. Mengamati Gletser Worthington dari titik observasi ini adalah cara teraman untuk melihat gletser yang menakjubkan ini. Gletser Worthington adalah salah satu gletser yang paling mudah diakses diAlaska dan Anda dapat menemukannya gletser dengan lebar 4 mil.

Gletser Worthington ialah salah satu gletser Alaska yang paling mudah pengaksesannya. Situs rekreasi menyediakan papan tanda interpretatif di sepanjang jalur beraspal hingga ke platform pengamatan yang terletak tidak jauh dari kaki gletser. Area itu Valdez Adventure Alliance lah yang mengelolanya. Sudah pasti sangat terjaga kebersihannya, ya?

5. Knik Glacier

8 Gletser Alaska yang Mempesona di Ujung Amerika

Gletser Knik adalah dinding es setinggi 400 kaki di Pegunungan Chugach di sebelah timur Anchorage. Air yang mencair telah menciptakan danau besar yang menempati area seluas enam mil persegi. Gletser Knik terkenal karena muncul di film-film Hollywood termasuk Avalanche dan Star Trek V, tetapi sebagian besar merupakan tempat yang bagus untuk dikunjungi dalam perjalanan helikopter atau penerbangan saat berkeliling di dekat Glenn Highway.

Dulunya Gletser menimbulkan malapetaka di Lembah Mat-Su; setiap musim dingin, esnya akan membendung sebuah danau, lalu es gletser ini akan membanjiri wilayah Lembah Mat-Su setiap musim panas. Oleh karena itulah, gletser ini telah dapat pengakuan sebagai Landmark Alam Nasional karena fenomena tersebut. Namun resesi glasial telah membendung banjir dan menciptakan danau seluas enam mil persegi di permukaan gletser.

6. Exit Glacier

8 Gletser Alaska yang Mempesona di Ujung Amerika

Ingin menjelajahi Exit Glacier Alaska? Jika itu tidak ada dalam daftar hal yang harus kita lakukan ketika Anda mengunjungi Alaska, maka sekarang Anda bisa memasukannya ke dalam daftar tujuan Anda di Alaska. Gletser ini adalah salah satu tujuan perjalanan favorit turis sepanjang masa karena sangat terpencil namun sangat indah. Gletser Exit menawarkan pemandangan yang menakjubkan mulai dari laut hingga pegunungan yang menyodorkan puncaknya begitu tinggi sehingga Anda akan mengira mereka bahkan mungkin mencapai langit. Exit Glacier mudah kita akses dan tujuan yang sangat populer di Taman Nasional Kenai Fjords.

Exit Glacier mengalir dari Harding Icefield dan namanya mereka gunakan sebagai jalan ‘keluar’ dalam penyeberangan Harding Icefield pertama yang tercatat pada tahun 1968. ‘keluar’ Glacier Nature Center bersebelahan dengan tempat parkir area gletser. Anda bisa mengunjunginya terlebih dahulu untuk mempelajari tentang area lokal dan pendakian gletser yang tersedia untuk Anda atau untuk menggali informasi umum tentang Exit Glacier.

7. Valdez Glacier

Di Alaska, Anda dapat mengunjungi Gletser Valdez yang berlokasi di Pegunungan Chugach di sebelah timur kota Valdez. Gletser ini panjangnya 20 mil dan menjadi sumber air Danau Gletser Valdez di dekatnya. Gletser mempunyai danau yang memiliki kedalaman 640 kaki pada titik terendahnya. Danau ini dapat kita lalui seperti saat musim semi atau dengan sepatu seluncur es di musim dingin.

Danau Gletser Valdez yang cantik sering menjadi rumah bagi bongkahan besar es terapung yang keluar dari Gletser Valdez. Bersamaan dengan gunung es yang dramatis, Anda akan mendapatkan pemandangan Pegunungan Chugach yang tertutup salju tanpa hambatan Daerah ini jelas merupakan tempat yang layak untuk dinikmati saat berada di Valdez.

8. Spencer Glacier

Spencer Glacier Bench, Chugach National Forest, Alaska.

Meskipun Anchorage adalah kota terbesar di Alaska, hutan belantara berada tepat di area ini. Ada pegunungan yang belum didaki, sungai yang belum disentuh, dan gletser yang belum orang jelajahi dalam jarak 20 mil dari pusat kota, dan bahkan lebih banyak lagi bentangan pedesaan kecil dalam rute kereta api yang menghubungkan Anchorage ke Seward.

Anda akan menemukan Spencer Glacier Whistle Stop. Mudah menghabiskan satu hari saat berada Anchorage dalam Spencer Glacier kombinasi sempurna antara akses kereta api dan petualangan yang menantang.

Demikianlah daftar gletser terbaik di Alaska, meskipun wisata es masih sulit untuk dilakukan di negeri Indonesia. Alaska merupakan tempat yang tepat untuk Anda kunjungi dan nikmati pemandangan alamnya yang ajaib bernama gletser. Rencanakan perjalanan Anda dari jauh hari agar perjalanan Anda untuk mengunjungi es abadi, dapat berjalan lancar dan tanpa hambatan. Semoga puas menjelajahi tanah Es Alaska!

Dikutip Oleh : BERITAOKE.com

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments