Jumat, Maret 1, 2024
BerandaBERITA DUNIA5 Akuarium Terbesar di Dunia, Cocok Untuk wisata laut bersama keluarga

5 Akuarium Terbesar di Dunia, Cocok Untuk wisata laut bersama keluarga

Akuarium menjadi sebuah destinasi wisata yang memiliki daya tarik sendiri bagi wisatawan di seluruh penjuru dunia. Mengapa bisa begitu? Karena melihat keindahan makhluk air tidak semudah melihat hewan darat yang ada pada kebun binatang, taman safari, atau habitat aslinya yaitu hutan. Maka dari itu, akuarium besar yang menampilkan berbagai makhluk laut bisa menjadi destinasi istimewa untuk dieksplorasi. Di antara banyaknya tempat wisata akuarium, intiplah 5 akuarium terbesar di dunia yang bisa Anda kunjungi untuk rencana liburan Anda!

Daftar Akuarium Terbesar di Dunia
Mengunjungi akuarium terbesar di dunia bagaikan mendatangi jendela spektakuler untuk melihat kehidupan di atas dan di bawah gelombang laut yang penuh kedinamisan. Berikut ini daftar tempat yang harus Anda ingat-ingat untuk wisata laut spektakuler :

1. Akuarium Teluk Monterey, California, AS

Akuarium Teluk Monterey memiliki lebih dari 35.000 hewan laut dan 550 spesies tumbuhan laut. Anda bisa melihat ikan segala ukuran, invertebrata, mamalia, dan sebagainya. Akuarium ini terdiri dari tangki setinggi tiga lantai yang berisi hutan lumut yang menjulang. Anda bisa berkesempatan menemukan belut serigala, ikan hiu tutul, dan aneka sarden di antara lumut raksasa yang mengayun-ayun.

Selain tangki besar, aquarium ini juga ada The Open Sea yang menyimpan ikan sunfish yang sangat besar, ikan hiu martil, serta tuna sirip biru dan kuning. Di sisi satunya di bagian Oceans Edge, Anda bisa berjumpa dengan Gurita Raksasa. Anak-anak akan terhibur dengan rombongan penguin lucu dan anjing laut yang bermalas-malasan di atas singkapan batu. Anggota keluarga segala usia dapat menyentuh dan memberi makan aneka satwa sambil mempelajari habitat mereka di kolam satwa jinak.

2. Akuarium Penguin Nagasaki, Jepang

Tempat ini ada sebagai sekolah alam dengan tujuan memberikan kesempatan bagi anak-anak abad ke -21 untuk memikirkan harmoni dengan alam. Penguin adalah salah satu spesies terbaik yang menunjukkan kondisi lingkungan alam skala global. Anda bisa kunjungi akuarium ini dan bermain dengan penguin atau melihat ragam ikan yang unik. Akuarium ini juga memiliki “zona alam” di mana ada berbagai makhluk seperti serangga, ikan/kerang dan tanaman di sungai, kolam, rawa, hutan, rumput, pantai, yang mengilustrasikan lingkungan rantai makanan.

Dilansir dari laman Discover Nagasaki, keunggulan akuarium ini adalah berperan sebagai rumah bagi 180 penguin dari sembilan spesies yang berbeda.

Setiap akhir pekan dan pada hari libur nasional, akuarium menawarkan atraksi menarik yang mendapat julukan “Feed the Penguins” dan “Petting Zoo” bagi pengunjung.

Bahkan, disini juga terdapat berbagai macam atraksi dan jenis binatang lainnya yang bisa dilihat seperti ikan amfibi mudskipper dan kepiting pari (horseshoe crab) di sudut ikan Nagasaki, salah satu ikan air tawar terbesar yaitu ikan lele Mekong raksasa, dan di sini Anda juga dapat merasakan suasana hutan dan gunung pada zaman dahulu.

Semua atraksi itu dapat kita nikmati dengan harga yang terjangkau.

3. S.E.A Aquarium, Singapura

S.E.A Akuarium adalah salah satu akuarium terbesar di dunia, rumah bagi lebih dari 100.000 hewan laut yang mewakili 1.000 spesies di lebih dari 40 habitat yang beragam. Kehidupan akuatik yang lengkap dengan program interaktif, pertemuan hewan tertutup dan pembelajaran yang mendalam untuk menginspirasi pengunjung supaya terinspirasi untuk melindungi lautan dunia dan biota lautnya.

Dilansir laman web RWSentosa, akuarium termegah di Singapura ini juga memiliki 12 jenis spesies hiu, terumbu karang warna-warni, clarion angelfish, hingga manta ray yang begitu menawan.

Bukan itu saja, beragam spesies langka seperti Nautilus dan ubur-ubur juga bisa dijumpai dengan mudah.

Selain itu, akuarium yang sudah mendapat akreditasi oleh Association of Zoos & Aquarium (AZA) dan World Association of Zoos and Aquarium (WAZA) ini mengusung misi konservasi hewan laut juga.

Tak heran, beberapa hewan laut di sini dapat berkembang biak dengan baik.

4. Akuarium Dubai and Discovery Centre, Uni Emirat Arab

Pada jarak 13km dari Bandara Internasional Dubai, ada Dubai Aquarium & Underwater Zoo yang letaknya dalam Dubai Mall pusat kota Dubai. Ini adalah salah satu akuarium terbesar dan paling menakjubkan di dunia dan di antara tempat-tempat wisata terbaik di Dubai. Dubai Aquarium & Underwater Zoo adalah akuarium walk-through yang menampung lebih dari 33.000 hewan air. Terletak di permukaan tanah mal Dubai, tangki akuarium Dubai 10 juta liter berukuran panjang 51 m, lebar 20 m dan tinggi 11 m dan merupakan salah satu akuarium tersuspensi terbesar di dunia.

Aquarium Ini menampung 140 spesies hewan air termasuk lebih dari 300 hiu dan sinar bersama dengan koleksi hiu harimau pasir terbesar di dunia. Pengunjung dapat terpesona oleh pajangan hewan yang spektakuler dengan 40 tempat penampungan berbeda yang memegang berbagai kehidupan hewan yang mencakup berang -berang, piranha, penguin humbolt, buaya kerdil Afrika, singa, kepiting laba -laba raksasa, kuda laut, belut taman, archerfish, Arapamaa air raksasa, burung laut, belut taman, Paddlefish, Cichlids, Nautilus dan banyak lagi hewan air yang menakjubkan.

5. Chimelong Ocean Kingdom, Cina

Chimelong Ocean Kingdom berisi tangki terbesar di dunia pada tahun 2020, dengan 22,7 juta liter air. Taman Air Raksasa ini merupakan bagian dari Chimelong International Ocean Resort Bertujuan untuk menjadi “Orlando of China”. Aquarium ini adalah taman hiburan air yang paling banyak mendapat pengunjung keduabelas di dunia, dengan 8 juta pengunjung per tahun. Sebenarnya, Chimelong Ocean Kingdom memegang lima catatan, semuanya Guinnes World Records lah yang telah mensertifikasi.

Chimelong Ocean Kingdom adalah akuarium besar dunia dengan hampir 49 juta liter air, baik segar maupun laut. Aquarium ini memiliki panel akrilik terbesar di dunia dan tampilan depan terbesar untuk akuarium. Dengan ukuran 39,6 x 8,3m dan luas sekitar 330 meter persegi akrilik, akuarium terbesar ini terletak di tangki pameran hiu paus, akuarium yang menampung hiu paus raksasa.

Demikianlah daftar akuarium terbesar di dunia yang perlu Anda tahu. Anda juga bisa mengunjunginya untuk liburan bertema wisata laut bersama keluarga Anda. Setidaknya sekali seumur hidup, Anda bisa kunjungi salah satu atau semua rekomendasi akuarium dunia!

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments