Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaBERITA UNIKBegini Cara Membuat Akun Instagram Centang Biru

Begini Cara Membuat Akun Instagram Centang Biru

Akun Instagram Centang Biru merupakan tanda verifikasi untuk mengetahui bahwa akun tersebut asli dari sang pemilik.

Tujuannya supaya para pengguna Instagram tidak akan tertipu dengan akun palsu yang banyak beredar.

Pada umumnya, Instagram hanya akan memberikan verifikasi untuk akun dari tokoh masyarakat yang cukup penting. Kamu dapat menemui tanda centang biru pada akun public figure, selebriti (artis, tokoh olahraga, dan lain sebagainya), atau merek serta label ternama.

Instagram tidak mengizinkan seseorang menyamar membuat akun sebagai salah satu tokoh publik figur atau selebriti, karena hal tersebut melanggar Pedoman Komunitas.

Melansir dari Instagram, lencana verifikasi merupakan fitur yang membantu orang dalam menemukan pencarian akun asli dan sudah terjamin keasliannya. Setelah terverifikasi, Kamu tidak bisa mengubah nama akun dan juga tidak bisa memindahkannya ke akun lain.

Pemberian lencana verifikasi bukan sebuah bentuk dukungan atau penghargaan dari Instagram. Tetapi dengan adanya hal itu, Instagram berharap bisa meningkatkan awareness dari public figure maupun brand tersebut.

Namun, mendapatkan centang biru bukanlah perkara yang mudah. Instagram banyak menuntut persyaratan dan ketentuan untuk bisa mendapatkan verifikasi akun ini.

Syarat Mendapatkan Centang Biru di Instagram
Cara membuat akun Instagram menjadi centang biru memerlukan syarat sesuai dengan yang Instagram tetapkan.

Para pengguna Instagram dapat dengan mudah mengajukan mengajukan verifikasi, dengan hanya memperbarui formulir yang bisa pengguna Instagram akses.

Berikut adalah syarat dan ketentuannya.

1. Akun Autentik

Maksud dari autentik adalah asli atau sah yang artinya akun tersebut keasliannya sudah pasti.

Akun Instagram yang ingin mendapatkan lencana centang biru harus merupakan akun asli, original, mewakili orang, akun bisnis, mewakili brand, komunitas atau entitas, bahkan hewan yang terdaftar asli. Jadi, hanya pemilik akun asli yang dapat memperoleh verifikasi akun tersebut.

2. Unik

Akun kamu harus mewakili keberadaan orang atau bisnis secara unik, yang artinya verifikasi centang biru hanya satu akun untuk setiap orang atau bisnis. Pengecualian jika kamu mempunyai akun dengan beberapa bahasa.

Kamu juga harus memperhatikan, bahwa Instagram tidak akan memberikan verifikasi akun yang bersifat umum, seperti akun untuk penggemar, meme, dan lain sebagainya.

3. Identitas Akun Lengkap

Periksa kembali identitas akun sebelum mengajukan verifikasi. Syarat paling penting adalah melengkapi identitas akun. Mulai dari data pada profil seperti bio yang jelas, memasang foto profil asli milikmu, akun bersifat publik atau tidak terkunci, mengisi informasi kontak, website, dan data lainnya.

Selain itu, akun Instagram kamu juga harus memiliki setidaknya 1 postingan feed, bila ingin mengajukan verifikasi centang biru.

4. User Akun Terkenal

Akun harus mewakili orang, merek, atau entitas yang terkenal dan banyak dicari pengguna. Instagram akan melakukan pengecekan untuk setiap akun yang mengajukan verifikasi, apakah akun tersebut banyak orang melakukan pencarian atau tidak.

Instagram akan memberikan centang biru pada akun yang kemungkinan besar akunnya bisa dipalsukan, banyak dicari, dan memiliki followers yang banyak. Biasanya, untuk akun media massa, pihak Instagram akan meninjau penerbitan konten akun tersebut.

Peninjauan akun juga meliputi berbagai sumber berita, jumlah like dan komentar yang banyak juga mempengaruhi penilaian. Jika pada saat pengajuan atau setelah menerima centang biru kamu menyebarkan informasi palsu atau menyesatkan, maka Instagram dapat menghapus tanda centang biru, bahkan menonaktifkan akun.

5. Memiliki Minimal 10.000 Followers

Selain 4 syarat di atas, ada persyaratan tambahan bagi kamu yang ingin mendapatkan lencana centang biru di akun Instagram, yakni memiliki minimal 10.000 followers.

Namun, persyaratan ini tidaklah wajib, karena Instagram akan tetap mempertimbangkan akun milikmu, meskipun tidak memiliki followers sebanyak 10.000. Asalkan, kamu memenuhi 4 persyaratan utama di atas.

Cara Membuat Akun Centang Biru di Instagram

Setelah semua persyaratan verifikasi terpenuhi, Kamu bisa langsung mengajukan verifikasi akun ke Instagram. Dalam proses pengajuan verifikasi akun, Instagram tidak memungut biaya apapun alias gratis. Berikut langkah-langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengajukan verifikasi akun:

Buka aplikasi Instagram, lalu login ke akun Instagram kamu.
Buka menu profil yang berada di kanan bawah.
Klik ikon burger atau garis tiga di bagian kanan atas.
Pilih opsi ‘Pengaturan’ dan pilih opsi ‘Akun’.
Pilih opsi ‘Minta Verifikasi’.
Isi formulir aplikasi, lengkapi informasi seperti nama lengkap, nama panggung atau kerja, pilih kategori, dan foto tanda pengenal resmi. Untuk individu, tanda pengenal bisa mencantumkan SIM atau paspor. Untuk bisnis, bisa menambahkan tagihan utilitas, dokumen bisnis resmi, atau pengajuan pajak.
Tunggu proses peninjauan selesai.
Proses verifikasi membutuhkan waktu 30 hari untuk meninjau permintaan centang biru yang kamu ajukan. Setelah 30 hari, kamu bisa melihat notifikasi aktivitas dengan mengetuk ikon Love yang berada di kanan atas menu Rumah.

Jika verifikasi berhasil, Instagram menyarankan kamu untuk mengaktifkan fitur keamanan tambahan, seperti autentikasi dua faktor. Jika verifikasi tidak berhasil atau tertolak, kamu bisa mengajukan verifikasi akun lagi setelah 30 hari berikutnya.

Perlu kamu ketahui, meski telah memenuhi syarat-syarat di atas, Instagram bisa saja tidak memverifikasi akun kamu dengan alasan tertentu. Instagram memiliki berbagai pertimbangan untuk memutuskan akun kamu mendapatkan centang biru atau tidak.

Instagram juga tidak akan pernah mengirimkan email, meminta uang, atau menghubungi kamu. Jadi, kamu perlu waspada untuk setiap tindak penipuan.

Selain itu, selama proses verifikasi, pastikan kamu tidak gonta-ganti foto profil dan nama akun. Demi mempercepat proses verifikasi dan tidak membingungkan pihak Instagram.

Manfaat Memiliki Akun Centang Biru di Instagram
Jika kamu telah berhasil mendapatkan centang biru pada akun Instagram milikmu, maka kamu juga akan merasakan berbagai manfaat seperti berikut ini:

Mencegah oknum penipu untuk membuat akun palsu dengan nama yang mirip denganmu.
Meminimalisir korban penipuan akibat oknum tidak bertanggung jawab yang meniru nama akun Instagrammu.
Memudahkan pengguna Instagram untuk mengetahui bahwa akun tersebut adalah asli milikmu, sehingga tambahan followers pun mudah untuk kamu dapatkan.
Mendapatkan lebih banyak tawaran endorsement, karena perusahaan yakin bahwa itu adalah akun Instagram asli kamu.
Tertarik Membuat Akun Centang Biru di Instagram?
Jadi, apakah kamu akan membuat akun Instagram milikmu menjadi centang biru juga?

Jika mengikuti langkah di atas, kamu bisa melakukannya dengan mudah.

Selamat mencoba!

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments