Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaBERITA DUNIAMenyeramkan! Bulan Semakin Menjauhi Bumi, Apa Dampaknya Bagi Manusia?

Menyeramkan! Bulan Semakin Menjauhi Bumi, Apa Dampaknya Bagi Manusia?

Bulan Semakin Menjauhi Bumi dan Bulan tak hanya bergerak mengelili bumi (revolusi), tetapi juga bergerak menjauhi Bumi. Bahkan menurut laporan National Aeronautics and Space Administration (NASA), Bulan terus menjauh dari bumi sejak 2,5 miliar tahun yang lalu.

Hal ini terungkap dari pantauan panel reflektif yang dipasang NASA pada tahun 1969 dalam misi Apollo. Alat ini menunjukkan bahwa Bulan bergerak menjauhi Bumi sebanyak 3,8 sentimeter setiap tahunnya.

Dikutip dari Insider, Profesor Joshua Davies dari Universitas Quebec, Montreal, dan rekan peneliti Marguerite Lantinck dari Universitas Wisconsin-Madison, serta rekan dari Universitas Utrecht dan Universitas Jenewa mengungkap penemuan baru ini mungkin menarik, tetapi ini juga menjadi kabar buruk bagi panduan di masa lalu.

Sebab jika bulan yang berusia empat setengah miliar tahun melayang dengan kecepatan ini sepanjang keberadaannya, maka bulan bertabrakan dengan Bumi sekitar 1,5 miliar tahun yang lalu. Tetapi arena kita masih di sini, itu jelas tidak terjadi.

Sehingga para ahli percaya ada faktor lain yang menyebabkan penyimpangan yang berhubungan dengan “siklus Milankovitch”.

Siklus ini menggambarkan bagaimana perubahan halus dalam bentuk orbit dan sumbu Bumi mempengaruhi jumlah sinar matahari yang kita terima.

Dampak Bulan Menjauhi Bumi

Jarak 3,8 cm mungkin tidak akan signifikan, tetapi jika jarak ini kita akumulasi, dampak yang manusia rasa juga akan semakin nyata.

Salah satunya, efek pasang surut air laut dan perubahan iklim. Jika Bulan menjauh dari Bumi, gaya yang menarik air laut akan berkurang, sehingga pasang surut air laut akan jauh berkurang.

Di mana air laut mungkin tetap akan bergerak, tetapi pergerakannya akan lemah dan minimal. Sedangkan pengaruhnya pada iklim adalah berkaitan dengan kemiringan poros Bumi.

Saat ini Bumi berada pada kemiringan 23,5 derajat pada porosnya karena Bulan membantu mengunci posisi Bumi pada sudut ini.

Jika Bulan menjauh, risikonya adalah Bumi kehilangan stabilitasnya dan mungkin berubah porosnya. Dampaknya adalah akan mengubah musim serta kondisi hidup yang akan penduduk bumi alami.

BERITAOKE.com

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments