Jumat, Maret 1, 2024
BerandaBERITA UNIKKepedesan Berefek Kepala Gatal? Baca Ini Biar Nggak Menyesal Kemudian, Gan

Kepedesan Berefek Kepala Gatal? Baca Ini Biar Nggak Menyesal Kemudian, Gan

Mumpung lagi panas-panasnya saat jam istirahat saya dan beberapa teman kerja memesan rujak pak Sholeh yang cukup kami kenal yang ada dalam lingkungan kantin kantor karena bumbu rujak kacangnya memang sudah kami kenal enak. “Pak, rawitnya 2 yak..,” kata Bram teman saya.

Tak lama rujak pesanan kami datang, saya dengan pedas standar makan dengan santainya, tapi si Bram terasa kepedasan sambil garuk-garuk kepala, wajahnya memerah dan terlihat berkeringat sampai sebiji jagung. “Gilaaa…, pedes banget,” katanya.

Saya dan 2 teman lain cuma bisa ketawa melihat si Bram Kepedesan Berefek Kepala Gatal mirip ‘uwak’ di Ragunan.. haha! Setelah kita selesai makan saya jadi kefikiran kenapa ya seseorang yang sedang kepedasaan ada yang sampai garuk kepala segala?

apakah ini bagian dari ekspresi pedas sesungguhnya atau bagaimana?

Seperti kita tahu, reaksi garuk kepala saat seseorang sedang kepedasan tidak selalu orang lain lakukan.

Setelah pedasnya hilang biasanya ‘ritual menggaruk kepala” pun hilang.

Mengapa bisa seperti itu?, mengapa harus kepala yang mereka garuk, bukan bagian kaki atau pantatnya saja misalnya, heuheu emoticon-Big Grin

Saat waktu yang senggang antara kesibukan saya bekerja, saya coba gugling dan kemudian menemukan sebuah jawaban yang meyakinkan.

Menurut sumber yang saya baca kepala terasa gatal dan harus mereka garuk ketika seseorang sedang kepedasan.

Ini karena makanannya mempunyai rasa pedas yang kemudian bagian tubuh yaitu kulit kepala mengalami perubahan suhu.

Saat proses ini tubuh berusaha mengeluarkan suhu panas akibat kepedasan tadi, kemudian sisa metabolisme yang menghasilkan keringat berlebih pada kepala.

Itulah yang menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala.

Menurut sumber yang saya baca, Kepedesan Berefek Kepala Gatal reaksi ini adalah wajar bisa siapa saja rasakan dan bukan sebuah penyakit.

Untuk menghindari gatal saat makan rasa pedas adalah hindari kepala terpapar matahari langsung karena semakin meningkatkan suhu panas pada tubuh.

Selanjutnya jika rasa gatal kepala sudah menghilang ketika mandi sebaiknya langsung keramas karena keringat (juga mengikat debu) yang menempel pada permukaan kulit kepala tadi jika tidak segera dibilas bisa menimbulkan jamur yang tumbuh subur atau malah muncul ketombe.

Buat kamu atau teman yang hobi makan pedas sangat kemudian sering gatal pada bagian kepala sebaiknya juga menjaga kebersihan kepala supaya kondisi kepalamu tetap sehat dan indah seindah iklan shampoo.. wkwk
Dikutip Oleh BERITAOKE.com

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments