Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaBERITA UNIK5 Manfaat Liburan untuk Kesehatan dan Kebahagiaan

5 Manfaat Liburan untuk Kesehatan dan Kebahagiaan

Manfaat Liburan untuk Kesehatan dan Kebahagiaan itulah obat dari Berkutat dengan aktivitas yang sama dan melelahkan setiap harinya dapat menimbulkan kejenuhan, kelelahan, dan kebosanan. Sejumlah aktivitas rutin seperti pekerjaan, kuliah, dan rutinitas kesibukan lainnya bisa menimbulkan stres dan kelelahan. Jika tidak diatasi dan mengambil libur sesekali, maka bisa berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh dan juga jiwa. Karenanya, Anda perlu meluangkan waktu disela kesibukan Anda yang padat untuk berlibur.

Maka dari itu, jika sudah mulai merasa letih, tak ada salahnya untuk mengambil jatah cuti yang agak panjang dan pergi liburan. Pasalnya, berlibur dan jalan-jalan sangatlah diperlukan untuk kesehatan tubuh dan psikis, kreativitas, serta produktivitas pekerja. Nah, berikut ini adalah penjelasan lengkap manfaat berlibur bagi kesehatan dan kebahagiaan Anda. Yuk disimak!

Apakah Liburan Perlu Dilakukan?

Disadari atau tidak, pada kenyataannya sebagian besar dari kita lebih cenderung menghabiskan waktu dari minggu ke minggu hanya dengan melakukan kegiatan yang bersifat monoton seperti bekerja hingga terkadang mengalami stress dan burnout bahkan hingga depresi. Kebanyakan orang mengabaikan hal-hal kecil yang menyenangkan dan bisa memberi kita suasana berbeda dari biasanya seperti berlibur.

Liburan tidak harus selalu identik dengan perjalanan jauh dan biaya yang mahal karena pada dasarnya, liburan itu sendiri bisa difokuskan pada serangkaian kegiatan menyenangkan dan berbeda dari rutinitas yang dijalani sehari-hari. Ada banyak hal yang dapat dilakukan selama liburan dan yang tak kalah pentingnya adalah banyak manfaat yang akan diperoleh setelah melakukannya. Luangkan waktu untuk berlibur karena liburan itu penting untuk dilakukan.

Hal ini berdasarkan studi yang telah dilakukan American Psychological Association. Oleh sebab itu, jika memang merasa sedang memiliki masalah, memilih bersantai sejenak dengan liburan merupakan pilihan yang tepat. Masalah mental yang sedang dialami saat ini dapat mempengaruhi produktivitas kerja dan kehidupan Anda sehari-hari. Oleh sebab itu, masalah mental perlu diselesaikan dengan menyegarkan diri Anda kembali. Misalnya dengan berlibur. Harapannya, berlibur dapat membuat otak kembali segar sehingga kinerja Anda akan jauh lebih baik.

Manfaat Liburan Bagi Kesehatan Fisik
Berbagai manfaat dari liburan tentu dapat dirasakan oleh tubuh kita. Secara langsung, liburan memang bisa menyehatkan tubuh kita. Berikut ini daftar manfaat liburan untuk fisik Anda:

1. Meningkatkan Aktivitas Fisik dan Kesehatan Tulang

Manfaat Liburan untuk Kesehatan dan Kebahagiaan

Apakah Anda termasuk pekerja atau pelajar yang kesehariannya menghabiskan waktu di depan komputer atau laptop? Atau mungkin Anda seorang ibu rumah tangga dengan aktivitas terbanyak berada di dalam rumah dan tidak sempat berkegiatan keluar rumah? Rutinitas ini tentu membuat Anda jadi kurang aktif bergerak. Selain olahraga, meningkatkan aktivitas fisik juga bisa dilakukan dengan berlibur.

Jika Anda memilih liburan untuk mendaki gunung, berenang atau snorkling di pantai, akan ada banyak manfaat yang akan didapat, seperti membangun otot dan membuat tulang jadi lebih kuat, serta bonusnya juga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh. Berlibur tidak semuanya melelahkan, justru aktivitas fisik yang signifikan dapat membuat tubuh Anda terasa segar dan tulang Anda tidak cepat keropos!

2. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Manfaat mengejutkan dari liburan yang mungkin belum Anda ketahui adalah menurunkan resiko penyakit jantung. Hal ini bisa juga jika kita kaitkan dengan manfaatnya untuk kesehatan mental dalam mengurangi stres. Perlu Anda ketahui bahwa stres berpengaruh pada kesehatan jantung. Jiwa yang jauh dari kata stres akan jauh juga dari resiko terkena penyakit mematikan ini.

Berdasarkan situs American Heart Association, stres dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut nadi, yang bisa menyebabkan aritmia atau memperburuk kondisi tersebut, dan membuatnya lebih sulit untuk dikelola. Dengan mengurangi stres, kecemasan, dan meningkatkan aktivitas fisik, risiko penyakit jantung dapat menurun. Ditambah dengan pola makan sehat yang tetap Anda terapkan selama berlibur, kesehatan jantung akan terkendali.

3. Meningkatkan Produktivitas

Produktivitas merupakan suatu hal yang tak mudah untuk ditingkatkan. Untungnya, salah satu manfaat dari liburan adalah untuk mendorong hal tersebut. Ya, menurut Work to Live, jalan-jalan dan berlibur terbukti efektif untuk tingkatkan produktivitas pekerja hingga 80%.Hal ini berlaku karena setelah berlibur, pekerja menjadi lebih tenang, fokus, dan stres yang mereka rasakan sudah mereda. Berlibur juga bisa tingkatkan motivasi para pekerja. Dengan begitu, tingkat produktivitas mereka tak jarang ikut meningkat setelah selesai liburan.

Produktivitas ini berkaitan dengan aktifnya fisik Anda untuk melakukan berbagai kegiatan yang menghasilkan manfaat lainnya. Misalnya, dengan liburan Anda jadi bisa lebih rileks sehingga Anda bisa menyelesaikan pekerjaan yang sempat tertunda sambil berlibur. Selain itu, Anda bisa lebih semangat untuk melakukan mobilisasi yang berkaitan dengan pekerjaan Anda selepas Anda liburan.

4. Memperbaiki Kualitas Tidur

Memperbaiki kualitas tidur juga menjadi manfaat lain dari jalan-jalan yang kita perlukan pekerja. Ketika sedang berlibur, pekerja lebih mungkin untuk mendapatkan 8 hingga 9 jam tidur tanpa adanya gangguan. Hal ini berlaku karena hilangnya tekanan dari rutinitas sehari-hari bisa meningkatkan kualitas tidur pekerja sebanyak 30-40%. Tak perlu bekerja, lebih banyak aktivitas santai, dan waktu luang bersama keluarga adalah kombinasi paling ampuh untuk kualitas tidur yang lebih baik. Menurut Cleveland Clinic, waktu ideal untuk mulai tidur di malam hari adalah pukul 10 malam. Jadi, meskipun sedang berlibur, pastikan Anda sudah terpejam pada waktu tersebut, ya!

    Manfaat Liburan untuk Kesehatan Mental

    Selain bermanfaat bagi fisik, liburan tentunya memiliki deretan benefit untuk kesehatan mental. Ini dia beragam manfaatnya:

    1. Mengurangi Stres

      Stres merupakan reaksi tubuh terhadap ancaman, tekanan, dan perubahan yang pastinya akan Anda hadapi setiap hari. Anda membutuhkannya agar bisa memutuskan tindakan apa yang akan dapat kita selanjutnya. Namun, kadar stres yang kita butuhkan juga tidak banyak. Jika stres terlalu tinggi, tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dari berbagai jenis kegiatan yang kita lakukan, bekerja dengan penuh tekanan adalah aktivitas yang paling sering menimbulkan stres.

        Ini wajar karena dalam seminggu, Anda menghabiskan setidaknya lima atau enam hari untuk bekerja. Cara mengatasi stres yang paling ampuh adalah menghindari stressor (pemicu stres). Jika pemicunya adalah pekerjaan, tentu Anda perlu mengistrirahatkan diri sejenak dari aktivitas ini. Sebagai gantinya, Anda pergi berlibur ke tempat-tempat yang menyenangkan.

        2. Meningkatkan Kesehatan Mental

        Ahli saraf telah menemukan bahwa paparan kronis terhadap stres dapat mengubah struktur otak Anda dan menyebabkan kecemasan dan depresi. Melansir Allina Health, saat Anda berlibur, perasaan tenang muncul dan menghilangkan stres, yang memungkinkan tubuh dan pikiran pulih dengan cara yang tidak bisa kita lakukan jika masih dalam tekanan.

          Apapun keadaan Anda, melakukan liburan ke tempat baru yang menarik bisa menjadi apa yang dokter sarankan untuk mengurangi kecemasan atau depresi Anda. Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah berlibur, para wisatawan merasa tidak terlalu cemas, lebih bahagia, dan cukup istirahat. Hal ini menandakan bahwa adanya peningkatan dalam kesehatan mental mereka.

          3. Mengurangi Burn out

          Manfaat Liburan untuk Kesehatan dan Kebahagiaan

          Burn out adalah kondisi stres kronis di mana pekerja merasa lelah secara fisik, mental, dan emosional gara-gara pekerjaannya. Berdasarkan penelitian Allina Health, seseorang atau khususnya karyawan yang meluangkan waktu secara teratur untuk bersantai cenderung tidak mengalami kelelahan, membuat mereka lebih kreatif dan produktif daripada rekan kerja mereka yang terlalu banyak bekerja dan kurang istirahat.

            Cara lain untuk mengelola kelelahan adalah melalui Aturan Masker Oksigen: “Amankan masker Anda sebelum membantu orang lain.” Dengan kata lain, penuhi kebutuhan mental, fisik, dan spiritual Anda sebelum melakukan tanggung jawab untuk memberi manfaat bagi orang lain di luar keluarga dekat Anda. Ini adalah hal yang bijak untuk dilakukan agar Anda tidak terus menerus berkutat dengan kesibukan sehingga Anda sampai melupakan kebutuhan relaksasi untuk diri sendiri.

            4. Membantu Anda Menemukan Kebahagiaan Kembali

            Manfaat Liburan untuk Kesehatan dan Kebahagiaan

            Kita semua tahu bahwa hampir tidak mungkin untuk cemberut saat berlibur, tetapi tahukah Anda bahwa otak Anda rentan terhadap dorongan kebahagiaan yang besar hanya dengan memikirkan tentang liburan yang akan datang? Hasil penelitian dalam laman Selechealth menunjukkan bahwa salah satu dorongan kebahagiaan terbesar datang hanya dari merencanakan liburan. Seseorang bisa merasakan efeknya hingga delapan minggu sebelum tanggal keberangkatan. Dan jangan lupakan kebahagiaan yang terus berlanjut selama dan setelah perjalanan.

              Intinya adalah, berliburlah jika Anda bisa. Ketika Anda mengambil waktu dari tekanan pekerjaan dan kehidupan sehari-hari, itu dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental, motivasi, hubungan, kinerja dan perspektif pekerjaan kita. Liburan dapat membantu Anda merasa segar dan lebih siap menghadapi apa pun yang datang saat Anda kembali.

              5. Memperkuat Hubungan

              Manfaat Liburan untuk Kesehatan dan Kebahagiaan

              Tidak peduli berapa lama Anda mengenal seseorang, apakah itu pasangan Anda, saudara Anda, anak-anak Anda, atau bahkan teman Anda, selalu ada ruang untuk perbaikan dalam hubungan Anda dengan orang yang Anda cintai. Bepergian dan menjelajah bersama dapat menambah kegembiraan dan semangat dalam hubungan Anda. Karena ketika Anda mengalami sesuatu yang baru dengan orang yang Anda cintai, itu dapat membantu Anda terikat dengan mereka pada tingkat yang jauh lebih dalam daripada sebelumnya, hal ini tetunya bisa menjadi manfaat yang paling meyakinkan dari semuanya.

                Menghabiskan waktu menikmati hidup bersama orang yang kita sayangi juga dapat menjaga hubungan tetap kuat. Sebuah studi oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Arizona menemukan bahwa wanita yang berlibur bersama suaminya ke tempat-tempat yang indah, merasa lebih puas dengan pernikahan mereka.

                Berlibur memang memberikan terapi bagi mental dan kejiwaan, sekaligus juga suatu momen penyegaran fisik yang sangat setiap orang perlukan. Beragam manfaat dari liburan bisa Anda dapatkan sehingga Anda tidak melulu sibuk berkutat dengan keseharian Anda yang mungkin melelahkan. Siapkan diri Anda dan ajak pasangan, keluarga, atau teman-teman Anda untuk menjelajahi ragam objek wisata seru yang dapat membuat Anda bahagia.

                RELATED ARTICLES

                TINGGALKAN KOMENTAR

                Silakan masukkan komentar anda!
                Silakan masukkan nama Anda di sini

                - Advertisment -
                Google search engine

                Most Popular

                Recent Comments