Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaBERITA DUNIAPerompak Somalia dihukum !!

Perompak Somalia dihukum !!

Perompak Somalia dihukum !!

Seorang perompak Somalia dipenjarakan seumur hidup oleh pengadilan Korea Selatan karena berusaha membunuh kapten kapal yang dibajak.

Mereka dihukum di pengadilan Rotterdam karena menyerang kapal berbendera Antilles, Belanda, yang bernama Samanyolu.

Hakim mempertimbangkan kesulitan kondisi kehidupan di Somalia yang mendorong mereka melakukan perompakan.

Lima pria tersebut menyatakan diri tidak bersalah saat pengadilan dibuka bulan lalu. Mereka mengatakan sedang berusaha menangkap ikan. Mereka ditangkap Januari 2009 karena diduga bersiap-siap merompak Samanyolu, kapal Belanda, dengan awak Turki.

Perompak Somalia dihukum !!

Mahomed Araye adalah satu dari beberapa warga Somalia yang ditangkap bulan Januari ketika pasukan khusus Korsel menggerebek kapal barang yang dibajak di Laut Arab.

Pria kedua dihukum 15 tahun, dua lainnnya dipenjarakan 13 tahun. Pengadilan ini merupakan usaha pertama Korea Selatan untuk menghukum perompak asing.

Pengadilan di kota pelabuhan Busan memutuskan hanya Araye yang terlibat penembakan Kapten Seok Hae-Kyun yang saat ini masih dirawat di rumah sakit.

Tameng hidup

Jaksa menuntut hukuman mati bagi Araye dan hukuman penjara seumur hidup bagi rekan-rekannya. Mereka memandang perompak menggunakan sandera sebagai tameng hidup saat pasukan Korea Selatan beroperasi.

Perompak Somalia dihukum !!

Baca Juga : Lucy in the Sky with Diamond

Delapan perompak tewas, lima orang ditahan dalam aksi menguasai kembali kapal Samho Jewelry milik Korea Selatan tanggal 15 Januari

enam hari setelah dirompak. Tim pembela menyatakan bukti balistik yang mengaitkan Araye dengan penembakan kapten sangat lemah. Tidak seorang pun melihat penembakan.

Jaksa juga mengatakan pria Inggris yang bekerja dalam bisnis asuransi menghubungi perusahaan perkapalan Samho tidak lama setelah penculikan.

Teluk Aden yang berada di antara Yaman dan Somalia

adalah salah satu jalur perkapalan paling sibuk di dunia dan menjadi salah wilayah tempat banyak terjadi perompakan.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments