Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaBERITA UNIKTernyata Sauna Dapat Membahayakan Jiwa dan kesehatan, Kenali Risikonya

Ternyata Sauna Dapat Membahayakan Jiwa dan kesehatan, Kenali Risikonya

Sauna Dapat Membahayakan Jiwa dan kesehatan , ayo kenali resikonya dan pahami, Sauna adalah sebuah kamar atau bangunan yang dapat kita gunakan untuk menikmati suasana panas dan kelembapan yang tinggi. Sauna biasanya terbuat dari kayu dan dilengkapi dengan stove atau pemanas yang menghasilkan panas yang tinggi dan kelembapan. Orang-orang biasanya masuk ke dalam sauna untuk bersantai, membersihkan tubuh, atau untuk mencari manfaat kesehatan, seperti melegakan sakit kepala atau meringankan gejala flu. Sauna dapat kita temukan dalam klub kebugaran, spa, atau kolam renang, tetapi juga dapat kita pasang di rumah pribadi.

Di antara bahaya sauna adalah sebagai berikut:

1. Terhadap alat reproduksi manusia

Sauna dapat menimbulkan beberapa risiko bagi kesehatan reproduksi manusia, terutama bagi pria. Berada dalam suasana panas yang tinggi selama waktu yang lama dapat menyebabkan gejala yang bernama “sauna syndrome”, yang dapat menyebabkan kelemahan, kelelahan, dan pusing. Jika Anda mengalami gejala ini, sebaiknya keluar dari sauna dan istirahat sejenak.

Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa panas yang terlalu tinggi dapat merusak sperma. Dalam penelitian tersebut biasanya menggunakan suhu yang jauh lebih tinggi daripada suhu yang biasa terjadi di sauna. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2003 menyimpulkan bahwa terlalu sering mengunjungi sauna tidak terlihat berpengaruh terhadap kualitas sperma. Jika Anda merasa tidak nyaman atau merasakan gejala yang tidak normal setelah mengunjungi sauna, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Anda.

Sauna juga dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran pada wanita yang sedang hamil. Sebaiknya hindari mengunjungi sauna selama kehamilan atau berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum melakukannya.

Sebagai catatan, selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengunjungi sauna jika Anda memiliki masalah kesehatan yang sedang Anda alami, terutama jika Anda memiliki masalah kardiovaskular atau memiliki kondisi kesehatan lain yang membuat Anda lebih rentan terhadap efek panas yang tinggi.

2. Jangan sembarang minum dalam sauna

Sauna yang panas dan memicu keringat pasti akan membuat Anda haus. Namun, sebaiknya hindari minum air yang tersedia di dalam sauna atau pemandian uap, terutama jika Anda tidak yakin tentang kebersihan atau keasliannya. Beberapa sauna atau pemandian uap terhubung ke air sumur atau air yang tidak dapat kita minum yang akan kita gunakan untuk mencuci, bukan untuk kita minum. Air yang jika kita minum dapat mengandung bakteri atau mikroorganisme yang tidak sehat bagi tubuh.

Sebaiknya bawa air minum yang bersih dan steril ketika mengunjungi sauna atau pemandian uap. Jika Anda tidak membawa air minum, sebaiknya tanyakan kepada pengelola sauna atau pemandian uap tentang kebersihan dan keaslian air yang tersedia sebelum meminumnya. Jangan ragu untuk menolak jika Anda merasa tidak yakin tentang kebersihan atau keaslian air tersebut.

3. Sauna bukan tempat untuk membuat jadi kurus

Anda mungkin pernah mendengar beberapa orang mungkin menggambarkan sauna sebagai mampu mengeluarkan lemak dari tubuh. Namun, harap kalian ketahui bahwa sauna tiduk dapat mengeluarkan lemak dari tubuh dalam arti yang sesungguhnya.

Sauna dapat membantu dalam proses pembuangan air dan zat sisa dari tubuh, yang dapat menyebabkan turunnya berat badan dalam jangka pendek. Namun, ini hanyalah efek sementara dan tidak merupakan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan jangka panjang.

Lemak dalam tubuh tidak dapat mencair seperti mentega panas, tetapi harus kita ubah menjadi energi dan dikeluarkan melalui proses metabolisme tubuh yang teratur, yang dapat dilakukan dengan cara menjalani pola makan sehat dan berolahraga secara teratur.

Sauna Dapat Membahayakan Jiwa dan kesehatan juga adalah Saunah yang terlalu sering dapat banyak kunjungan juga dapat meningkatkan risiko dehidrasi, sehingga penting untuk selalu memastikan bahwa Anda cukup minum air saat menggunakan sauna. Jangan lupa untuk istirahat dan keluar dari sauna jika Anda merasa tidak nyaman atau merasakan gejala yang tidak normal.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments