Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaBERITA DUNIATradisi Tahun Baru Imlek di Berbagai Negara

Tradisi Tahun Baru Imlek di Berbagai Negara

Tahun Baru Imlek di Berbagai Negara sesuai adat dan budaya setiap negara berbeda-beda dan sebentar lagi, masyarakat etnis Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek 2023. Tahun Baru Imlek ini akan jatuh pada hari Senin tanggal 23 Januari 2023.

Indonesia sendiri, beragam tempat umum ornamen merah sudah mulai menghiasi dan lampion. Tak lupa juga pertunjukkan barongsai turut memeriahkan Tahun Baru Imlek ini.
Namun, apakah kamu pernah membayangkan bagaimana negara-negara lain merayakan Tahun Baru ini? Apalagi tidak hanya Indonesia saja yang memiliki masyarakat beretnis Tionghoa, namun juga negara-negara lainnya.
Simak ulasannya di bawah ini untuk mengetahuinya. Namun sebelumnya, mari kita ketahui apa itu Tahun Baru Imlek.

Mengenal Tahun Baru Imlek

Berdasarkan buku Agama-agama di Indonesia oleh Dra. Endang Ekowati, MA (2022:55), Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa.
Perayaan Tahun Baru Imlek akan mulai pada hari pertama bulan pertama penaggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh pada tanggal 15 (pada saat bulan purnama). Malam Tahun Baru Imlek dikenal sebagai Chux yang berarti “malam pergantian tahun”.

Tradisi Imlek di Berbagai Negara

Tahun Baru Imlek diperingati oleh masyarakat etnis Tionghoa di berbagai negara di dunia. Bagaimana tahun baru tersebut dirayakan? Berikut ulasannya:

1. Taiwan

Tahun Baru Imlek di Berbagai Negara

Saat Imlek datang, masyarakat Taiwan akan berdoa kepada Dewa Bumi. Banyak toko atau perusahaan memberikan berbagai bingkisan kepada pegawainya sebagai tanda terima kasih. Tak lupa, ribuan lampion akan menghiasi saat malam Tahun Baru Imlek.

2. Amerika Serikat

Tahun Baru Imlek di Berbagai Negara

Biasanya masyarakat etnis Tionghoa akan bermukim di suatu kawasan yang bernama China Town. Di sana, mereka akan merayakan Tahun Baru Imlek dengan meriah seperti menghias toko dengan berbagai ornamen dan adanya festival barongsai serta naga

3. Korea Selatan

Tahun Baru Imlek di Berbagai Negara

Di Korea Selatan, perayaan Tahun Baru Imlek dikenal sebagai Seollal yang berlangsung selama tiga hari. Biasanya, masyarakat akan mudik dan melaksanakan ritual untuk menghormati leluhur dan orang tua dengan mengenakan Seolbim, pakaian tradisonal khusus untuk perayaan Seollal.
Itulah tiga contoh tradisi Tahun Baru Imlek 2023 di berbagai negara. Bagaimana dengan perayaan Tahun Baru Imlek di daerahmu?

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments